new-picture-2

Era globalisasi ini, para siswa cenderung menggunakan teknologi terutama sosial media untuk aktifitas mainstream seperti: “ngetweet”, “facebookan”, “nye-tatus”, “upload foto selfie”. Padahal media sosial adalah sebuah media yang bisa digunakan untuk menggerakkan orang lain dalam hal kebaikan. Fenomena tersebut mendorong sekolah untuk mengisi kegiatan siswa dengan kegiatan yang bermanfaat di masyarakat, salah satunya dengan kegiatan Magang Sosial. Dengan mengikuti kegiatan ini siswa SMA Internasional Budi Mulia Dua juga diharapkan dapat membangun rasa kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Membangun rasa kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar merupakan hal kebaikan yang patut disebarkan.
Magang Sosial pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 dengan tema “The Power of Good Deeds”, sedangkan pada tahun 2015 mengangkat tema “Technology in Humanity” dengan menggunakan konsep yang sama yaitu para siswa diterjunkan di tempat-tempat sosial seperti: panti asuhan, panti wreda, sekolah luar biasa, dan panti sosial lainnya. Berikut adalah daftar lokasi Magang Sosial tahun 2015:
1. Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Abiyoso
2. Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Budhi Luhur
3. Panti Wredha Budhi Dharma
4. Panti Wreda Hanna
5. Panti Wredha Perandan Padudan
6. Wisma Kasepuhan Wahyun Asror
7. Panti Balita dan Playgroup Madania Kids
8. Panti Asuhan Gotong Royong
9. Panti I Yayasan Asuhan Sayap Ibu
10. Panti II Yayasan Asuhan Sayap Ibu
11. SLB Daya Ananda
12. SLB Tegar Harapan
13. SLB Panti Asih
14. SLB Fajar Nugraha
15. SLB Karnnamanohara
16. SLB Negeri 1 Sleman
17. MTsLB Yaketunis
18. SLB Citra Mulia Mandiri
19. SLB Marganingsih
20. SLB/C1 Dharma Rena Ring Putra I
21. Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Bina Remaja
22. Panti Sosial Pamardi Putra
23. SLB Tunas Kasih

new-picture-1
Secara keseluruhan diikuti oleh 92 siswa kelas X dan 82 siswa kelas XI yang dibagi dalam 23 kelompok.
Rangkaian pelaksanaan Magang Sosial tahun 2015 diawali dengan sosialisasi Magang Sosial pada tanggal 28 Agustus 2015 dengan agenda sosialisasi kegiatan, penugasan, penguatan mental, do’s and don’ts selama Magang Sosial. Dilanjutkan in house training oleh para pakar pada tanggal 31 Agustus 2015 dengan agenda penguatan mental, pemaparan masalah sosial, dan kontribusi yang diharapkan selama magang. Keesokan harinya pada tanggal 1 September 2015 siswa melakukan survei ke lokasi Magang Sosial sesuai dengan penempatannya agar lebih mengenal, memahami, dan menyelami permasalahan sosial. Hasil dari survei tersebut digunakan oleh kelompok sebagai bahan untuk membuat program kerja yang diharapkan dapat membantu atau berkontribusi di instansi Magang Sosial. Program kerja yang disusun kemudian dipresentasikan dihadapan guru pendamping dan panelis lainnya, setelah disetujui maka dapat diterapkan pada Magang Sosial Gelombang 1 pada tanggal 2-4 September 2015 untuk siswa kelas X dan Gelombang 2 pada tanggal 7-9 September 2015 untuk siswa kelas XI.

new-picture-1 new-picture-3
Dari kegiatan tersebut menghasilkan output secara non fisik dan secara fisik. Output secara non fisik yaitu para siswa akan mendapatkan tambahan living value, sedangkan output secara fisik yaitu para siswa akan membuat karya kreatif seperti blog, artikel, jurnal, foto dengan keterangan kegiatan, catatan harian atau narasi kegiatan, puisi, cerpen, drama, video orasi, atau poster tentang kepekaan sosial untuk di-sharing-kan melalui sosial media resmi milik SMA Internasional Budi Mulia Dua (seperti instagram, facebook, atau website) sehingga dapat menggugah orang lain untuk lebih peka dan peduli terhadap masyarakat sekitar.

new-picture-5 new-picture-4

new-picture-7 new-picture-6

LEAVE A REPLY